Pagar Nyandar Punya Sabia

Senin, 08 Januari 2018

Ayam Bumbu Lapis

Keluarga kami yang agak rewel (baca: suka milih) makannya cuma pak suami.  Kalau ditawari mau makan apa hari ini pa?  Jawabnya pasti sembarang..  
Giliran ditawari masakan ini.. ngga mau, atau masakan itu.. engga juga.. 
Jadi bukan sembarang dong yaa 😄


Masakan kesukaannya sih gampang, dibikinin orem-orem saja dah lahap bener makannya.  Tapi, anggota keluarga yang lain ya cuma sekedarnya saja, asal bisa buat lauk makan.


Kalau ditanya masakan favorit keluarga seperti tantangan dari mbak Nurbaini pemenang arisan tulisan pekan ini, tentu yang semua mau dan suka dong..
Ialah... Kecap! 😄 
Nasi pakai kerupuk dan kecap, gorengan dicocol sambel kecap, oseng-oseng bumbu kecap..


Ahaha... Becanda ding..
Kesukaan kami, Ayam Bumbu Lapis. 


Resep keluarga dari Eyang Uti kami, yang asalnya sih berbahan dasar daging sapi.  Karena gigi pak suami ada gingsulnya, jadi meskipun penyuka daging, kadang-kadang beliau sering kesel dagingnya suka nyelip di gigi pemanisnya.
Maka itu, biar aman dari omelan, saya lebih memilih daging ayam yang lebih lembut.


Bumbunya minimalis namun terasa gurih, manis dan pedas, dimakan dengan nasi hangat.. Nyumm.. 
Sensasi yang tak terbayangkan ketika nyesepi ceker.  Jangan sampai ada bumbu tersisa.. kalau dapat nih, dijilat sampai bersih tuh piring 😄


Nah, daripada kelamaan penasaran, saya bagi deh resep Uti saya. Yang pakai ayam ya, kalau yang daging sapi, lain hari saja ya, karena pengolahannya juga beda. Dan biasanya, daging bumbu lapis disajikan di acara hajatan, sebagai pelengkap nasi rames. 



AYAM BUMBU LAPIS

 Bahan:
Daging ayam (dipotong sesuai selera)
Ceker
Air
Kecap
Daun Bawang iris-iris


Bumbu dihaluskan:
Bawang merah
Bawang Putih
Kemiri
Garam
Gula
Lada


Cara Memasak:
1. Tumis bumbu halus sampai tercium wangi aromanya.
2. Masukkan ayam dan ceker yang sudah dicuci bersih, kemudian tuang air hingga ayam tenggelam.
3. Masak sambil aduk sesekali sampai daging ayam empuk.
4. Tambahkan kecap
5. Masak sampai kecap meresap dalam daging ayam dan mulai mengeluarkan minyak.
6. Masukkan daun bawang, aduk-aduk sampai merata dan daun bawang layu.
7. Angkat, sajikan bersama nasi hangat dan kerupuk udang.


Kita simak videonya yuk...
Klik Disini  mudah dan sederhana kan ya..
Yuk makan.......😋😋






12 komentar:

  1. sederhana. boleh dicoba nih mba.... thanks mbakkk ❤😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip.. Nambah-nambah nasi kalo pake lauk ini.. Hehe

      Hapus
  2. Enaaaak ini, kalo di desa suka bikin pas ada syukuran atau tahlilan, makan bareng-bareng tetangga.. eeenaaaakkk

    BalasHapus
  3. hmmm..... kayaknya perlu di eksekusi di pawon ni mbak epi

    BalasHapus
    Balasan
    1. capcus... jangan lupa nengok mertua ya, ajakin sekalian biar tambah ngap-ngap hahah

      Hapus
  4. Ini bumbu2 nya mirip ayam kecap ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin memang sama mbak put, cuma beda daerah beda nama kali yah

      Hapus
  5. Ga pake ketumbar mba ev ini resepnya? Patut dicoba ini simple sekejap pun jadi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga pake mbak moniq, cuma merica aja dibanyakin, kalo buat krucil dikurangi hehe

      Hapus
  6. wah boleh ni dicoba resep dari mbak evi,,, makasih mbak,,,

    BalasHapus