Pagar Nyandar Punya Sabia

Rabu, 06 Juni 2018

Ayam Panggang Bumbu Rujak

          Gara-gara membaca tulisan seorang Blogger, saya jadi ngences tak tertahankan. Sudah lama juga kami tidak membuat masakan ini. Jika di bacaan kemarin terdapat menu Ayam Goreng Bumbu Rujak, kesukaan kami ayamnya malah di panggang. 

          Berbekal resep ibuk saya, dan kata menass yang selalu diucapkan ibuk bila masak resep favoritnya... saya bersama kerucil langsung mengeksekusi seekor ayam ini.
Sembari berbagi tugas memotong ayam, mengupas dan menghaluskan bumbu, saya bercerita tentang Uti (nenek) mereka yang paling suka masakan ini.

          Tak terasa hampir selesai kami mengolah ayam bumbu rujak ini.  Saat memulai memanggang,  kerucil nyeletuk...

          "Ma, kenapa tadi ayamnya dipotong-potong?."

          "Lah... kalo ngga dipotong, emang mau dikerokoti gitu aja?" jawab saya sambil menaikkan alis sebelah.

          "Hehe... kan ayam golek itu ngga dipotong, langsung dioven utuh gitu.  Kayak Upin Ipin."

          "Oo... iya juga, seperti ayam bekakak. Kapan-kapan kita bikin ya," tentu pernyataan saya disambut riang. Karena semua suka makan dan masak, apalagi masak ayam.

          Nah, bagi yang pingin memasak ayam panggang bumbu rujak ala keluarga saya, dibawah ini saya bagi resepnya. Jika ada yang kurang cocok, bisa diganti atau dimodifikasi. Dah, capcus dibaca dan selamat mencoba. 





RESEP AYAM BUMBU RUJAK


Bahan:
1 ekor ayam (dipotong sesuai selera)
2cm lengkuas geprek
3 lembar daun salam
minyak goreng untuk menumis
500ml air

Bumbu halus:
250gr cabe merah besar (jenisnya lihat pic)
4 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 sdt garam
2 sdm gula 
(kami suka yang manis, boleh dikurangi kalo kurang suka manis)

Cara Membuat :

1. Cuci ayam sampai bersih, boleh banget dikucuri air jeruk nipis. Saya tadi tidak, karena lagi ngga punya.

2. Tumis bumbu halus, masukkan lengkuas dan daun salam, aduk sampai harum. 

3. Masukkan ayam, aduk rata, tuangi air sampai ayam tenggelam dan bumbu merata. Tambahkan gula dan garam. Masak sampai ayam empuk dan bumbu mulai mengeluarkan minyak dan mengering.

4. Matikan api, siapkan alat pemanggang.  Panggang ayam sebentar dengan sedikit bumbunya.

5. Sajikan bersama sisa bumbu dan nasi hangat.

6. Selamat mencoba...



2 komentar:

  1. Ayam kalo dipanggang rasanya emang lebih endess ya mbak. Apalagi pake bumbu rujak ini. Jadi pengen nyobain. Makasih resepnya ya mbak..

    BalasHapus