Pagar Nyandar: PEMAHAMAN PERBEDAAN GENDER
Pagar Nyandar Punya Sabia

Instagram

Sunday, August 11, 2019

PEMAHAMAN PERBEDAAN GENDER

            "Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum perempuan, karena Allah telah melebihkan kaum laki-laki dari kaum perempuan, dan karena laki-laki telah menafkahkan sebaian dari harta mereka" 
                                                       QS. An Nisa' : 34 

Tema tantangan game level 11 Bunda Sayang kali ini memang sangat berat dan menantang, bagi saya. Namun saya senang karena di tema ini open discussion, dan seru dengan berbagai tanggapan.

Kelompok 1 mendapatkan point bahasan tentang Pemahaman Perbedaan Gender. 
Dokumen : Grup 1 BunSay

Alat-alat biologis tersebut tidak dapat dipertukarkan sehingga sering dikatakan sebagai kodrat atau ketentuan dari Tuhan (nature)

Sedangkan konsep gender merupakan suatu sifat yang melekat pada kaum laki-laki maupun perempuan yang dikonstruksikan secara sosial maupun kultural. Misalnya, laki-laki itu kuat, rasional, perkasa. Sedangkan perempuan itu lembut, lebih berperasaan, dan keibuan.  

baca disini : mengenalkan-perbedaan-gender-pada-anak

Dokumen : Grup 1 BunSay

Dari gambar diatas, saya jadi ingat ketika anak bungsu saya Sissy masih berusia balita. Karena anak saya yang  sulung sampai anak ketiga adalah laki-laki, tentu mainan mereka kebanyakan adalah mobil-mobilan, robot, bola dan mainan cowok lainnya.
Tentu kami juga membelikan mainan masak-masakan, dan boneka untuk Sissy, karena dia perempuan.

Namun, Sissy lebih sering meminjam mainan dan bermain bersama abang-abangnya. Begitupun dengan cara berpakaian, Sissy lebih suka meminta celana panjang dari pada rok, meskipun modelnya untuk perempuan.
Alhamdulillah, seiring perkembangannya, Sissy bisa diarahkan untuk memahami gendernya sebagai perempuan.

#HariKe1
#Tantangan10Hari
#BunSayLevel11
#FitrahSeksualitas
#KuliahBundaSayangIIP







No comments:

Post a Comment