Pagar Nyandar Punya Sabia

Kamis, 22 Februari 2018

Deteksi Dini Kanker Serviks Dengan VALERI

Sungguh paling membahagiakan bagi perempuan, adalah ketika sempurna sebagai istri. Sanggup mempersembahkan apa saja yang diinginkan oleh sang suami.  Bukan saja saat menghadiahkan buah hati.. atau kepiawaiannya mengolah masakan, dan bahkan handal dalam membantu perekonomian keluarga.



Yang lebih penting adalah ketika perempuan menjaga kesehatan keluarga.  Dalam hal ini kesehatan diri sendiri, namun sangat mempengaruhi keharmonisan dengan pasangan. 
Meskipun takdir Allah yang menentukan, alangkah baiknya bila dicegah dengan menjaga kesehatan.


Kanker Serviks, adalah penyakit yang sangat di takuti oleh perempuan. 


Kanker serviks butuh bertahun-tahun untuk tumbuh dari sel sehat ke sel prakanker dan akhirnya sel kanker. Perubahan abnormal sel-sel sebelum kanker inilah yang dikenal dengan sebutan cervical intraepithelial neoplasia (CIN) atau sel prakanker. Perubahan sel akibat infeksi HPV menjadi CIN, hingga akhirnya menjadi kanker sangat lambat. Proses ini bisa terjadi dalam kurun waktu 10-20 tahun. ( sumber  www.alodokter.com )


Maka dari itu perempuan diharapkan untuk senantiasa menjaga kesehatan dan waspada pada sesuatu yang tidak wajar.
Bila ada benjolan yang tidak semestinya, bisa jadi benda tersebut adalah tumor. Begitu pesan dr.Ananto dalam sebuah seminar Peduli Perempuan Kepri.


dr. Ananto (kiri)
Tumor yang ganas, disebut dengan kanker. Dan yang menyerang organ intim atau lebih tepatnya di leher rahim perempuan, adalah kanker serviks.
Gejala adanya kanker serviks ada bermacam-macam, yaitu:

  • Pendarahan sesudah senggama bisa dicurigai sebagai kanker serviks
  • Begitu pula ketika mengalami pendarahan saat menopause
  • Atau juga mengalami keputihan berlebihan yang berbau, bercampur darah dan tidak sembuh-sembuh
  • Dan mengeluh sakit saat berhubungan intim. Merasa nyeri disekitar panggul (terus-menerus, tidak hanya saat menstruasi).

Untuk mendeteksi dini adanya kanker serviks, dr. Ananto mengajarkan VALERI. Kepanjangan VALERI adalah Vagina Toilet Sendiri.  Fungsinya agar kita bisa membersihkan miss V sendiri.


Peralatannya sederhana, yaitu wadah (baskom), air yang direbus kemudian didinginkan, dan jari tangan sendiri.
Caranya adalah: 
Posisi duduk atau jongkok, rileks. Dua jari (telunjuk dan jari manis) membuka labium mayus, kemudian jari tengah sentuhkan di pintu miss V, mala akan otomatis terbuka. Lalu masukkan jari tengah sampai ketemu serviks (rasanya seperti menyentuh ujung hidung). Lakukan gerakan seperti mengupil, kemudian akan menemukan semacam lendir, nah itulah yang dibersihkan.
Tanda-tanda bila sudah bersih akan terasa kesat dan panggul terasa ringan.


bersama dr. Ananto

Selamat mencoba, semoga kita para ibu sholihah  terhindar dari penyakit-penyakit berbahaya.🌹🌹

Tidak ada komentar:

Posting Komentar