Pagar Nyandar: Tulisan Alay dan lagu "Eaaa" By 8Ball
Pagar Nyandar Punya Sabia

Instagram

Thursday, February 8, 2018

Tulisan Alay dan lagu "Eaaa" By 8Ball

 

Seumur gini saya masih sering menerima sms atau chat di WAG (baca: whatsapp grup) dengan tulisan yang bikin sakit mata dan gemas untuk membacanya.
Bukan karena mata saya sedang mengantuk atau buram, melainkan huruf yang ditulis itu membingungkan untuk dibaca.


Tidak heran sewaktu ada meet up di Ruang Kreasi untuk para Blogger Kepri, mas Edy Sutrisno sangat menghimbau agar memperhatikan penulisan dan tanda baca ketika menuangkan tulisan di Blog.


Entah sejak kapan huruf-huruf alay itu mulai booming. Ketika saya masih remaja, tulisan alay tidak terlalu menyolok sehingga masih bisa di pahami untuk dibaca orangtua jaman dulu.
Saya pernah ditertawai oleh anak bujang saya ketika saya minta tolong untuk membacakan chat dari teman.


"Dek, bring-bring ini artinya apa sih?" 


"Oala, baring-baring ma.., haha,"  


Anak-anak tertawa ngga habis-habisnya, malah saya diputerin lagu yang masih nyambung dengan pertanyaan saya tadi.
Lirik reffnya seperti di bawah ini.

L4m k3n4l eaa k4ka, eaaa
l4gi g4l4u eaa k4k4, eaaa
Cumun9ut eaa k4k4, eaaa
Eaa eaa ya k4k4, eaaa
Faceb00k di konf1rm ya k4k4, eaaa
L1k3 st4tu5 4ku dung k4k4, eaaa
Follb4ck Twitt3r ku ya k4k4, eaaa
Mu'uc1h y4 k4k4, eaaa 


Coba dibaca. 
Kalau selesai membaca dalam waktu kurang dari 15 detik, berarti anda masih bisa dibilang orang jaman now. 😄
Saya sudah mencobanya, putaran pertama 17 detik. Jika diulang mungkin saja bisa 10 detik, hehe.. Berarti saya.... 
Ah sudahlah, coba klik  Ini Lagu Nya .


Di lagu yang dinyanyikan oleh 8Ball berjudul Eaaa sebenarnya menyindir anak-anak jaman now yang seakan menggeser EYD.
Jadi sepatutnya kita mengingatkan agar remaja sekarang menyadari dan kembali ke jalan yang benar 😄
Yuk.. kita mengajarkan tulisan dengan Ejaan Yang Disempurnakan. Dan bangga terhadap bahasa Indonesia.

No comments:

Post a Comment