Pagar Nyandar: NGOBROL DENGAN BURUNG
Pagar Nyandar Punya Sabia

Instagram

Friday, November 9, 2018

NGOBROL DENGAN BURUNG





Kadang-kadang Sissy suka sebel sama burung peliharaannya.  Sudah hampir sebulan bertelur, tetapi tidak juga mau mengeraminya. Jadi bagaimana telurnya akan menetas?

Setiap hari, Sissy mencuci dan mengganti air minumnya agar tetap segar.  Tidak pernah sampai kehabisan memberi jagung untuk makannya.
Tidak lupa membersihkan kotoran juga kandangnya.

Untuk mengerami telur, dikandang burung merpati sempat diberi lap untuk tempat telurnya. Kemudian diganti dengan rumput-rumput disudut kandang. Tetapi tetap saja burungnya tidak mau mengerami telurnya.

Setiap hari, Sissy mengajak ngobrol si burung. Entah apa saja yang diucapkan. Saya hanya menanggapinya dengan senyum karena lucu.
Apalagi ketika Sissy memarahinya jika si burung menumpahkan jagung dari tempat makannya. Atau menanyakan mengapa tidak mau mengerami telurnya.
Padahal seharusnya, paling tidak masa 22 hari sudah menetas. Sedangkan ayam saja rata-rata hari ke 21 telurnya sudah menetas.

Saya jadi ikutan penasaran, mengapa si burung tidak mau mengerami telurnya. Langsung saja browsing internet. 
Ternyata, seharusnya telur dierami secara bergantian oleh burung jantan dan betina. Burung betina mengerami saat siang dan malam, sedangkan burung jantan giliran mengerami saat pagi dan sore hari.

Setelah tahu jawabannya, barulah kami semua paham. Telur yang sebiji ini tidak akan pernah menetas. Karena burung jantan tidak lagi pulang. Saat lepas dulu, hanya burung betina yang bisa tertangkap dan sudah tahu dimana rumahnya.

Nah, lagi-lagi Sissy mengajak ngobrol si burung. Disuruhnya sabar, jangan bandel. Supaya papa membelikan jodoh buat si burung betina.
Dengar-dengar sih, harganya mahal juga. Tetapi kita tunggu saja, barangkali nanti papa lekas mendapatkan burung merpati yang jantan. 

Hari ini Sissy dan si burung belajar bersabar. Sabar dengan tingkah si burung yang suka menumpahkan makanan. Dan si burung sabar untuk mendapatkan jodohnya.
Everything happen for a reason.


#Hari4
#KuliahBundaSayang
#GameLevel3
#FamilyProject
#MyFamilyMyTeam

No comments:

Post a Comment