Pagar Nyandar: PANTUN
Pagar Nyandar Punya Sabia

Instagram

Saturday, December 15, 2018

PANTUN


Di perpustakaan Jabal Arafah


Jika ditanya, Sissy suka membaca buku apa?  Sissy akan memilih buku agama, pantun, dan cerita anak-anak.
Membaca pantun itu sangat menyenangkan. Karena ada dinamikanya. Dan akhirannya selalu menggunakan huruf yang sama. Jika di baris pertama menggunakan akhiran n, maka sampai dibaris terakhir juga diakhiri dengan huruf n.

Pertanyaan yang ditujukan Sissy kepada saya adalah, mengapa akhirannya harus sama?
Saya mencoba menjawab dengan yang saya tahu saja hehe...

Sebenarnya tidak harus sama pada akhirannya. Namun kebanyakan memang seperti itu. Dan pantun itu mengacu pada bacaan ayat-ayat Al-Qur'an. 
Sudah ada beberapa contoh. Misalnya Surat Al-Ikhlas semua huruf akhirnya adalah huruf D (dal).
Atau Surat An-Nas yang semua kalimat, akhirannya dengan Nas. 
Jadi, Allah  mengajarkan semua hal dalam agama Islam, dan dikembangkan oleh manusia.

Mudah-mudahan penjelasan saya ini dapat masuk dan diterima Sissy, karena saya masih dangkal dalam hal belajar agama...
Bismillah, everything happen for a reason.

#harike6
#Tantangan10hari 
#GameLevel4 
#GayaBelajarAnak 
#kuliahBunSayIIP

No comments:

Post a Comment