Pagar Nyandar Punya Sabia

Sabtu, 26 Januari 2019

KE PANTAI LAGI YUK...

Sejak tinggal di Batam, kami sering jalan-jalan ke pantai. Maklum pulau Batam dikelilingi lautan, berbeda ketika masih tinggal di Jawa yang banyak dikepung pegunungan.

Nah, kami sempat ngobrol tentang lehidupan laut dan pantai. Kemudian mencari tahu dengan membaca buku-buku yang berhubungan dengan laut.

Salah satunya dari buku MENGENAL PANTAI ~ oleh Ellen Tjandra, S.Si.
80% bumi adalah air, dan Indonesia adalah negara kelautan. Anak-anak menyusur pantai, belajar tentang biota laut dan water pollution (sampah dan chemical) yang berbahaya bagi laut dan biotanya.

Disamping itu, Sissy juga membaca bahaya di pantai, yang disebut Rip Current, yaitu arus balik yang berkumpul dan membentuk arus blik yang besar. Arus ini bergerak sangat cepat dengn kekuatan yang sangat besar, menyeret apapun yang diterjangnya.

Untuk mencegah jatuhnya korban, pemerintah biasanya memasang rambu peringtan dilarang berenang di sejumlah tempat yng rawan terjadinya rip current ini.

Jadi, kita mesti mengingatkan untuk tetap berhati-hati pada anak-anak kita yang senang sekali bermain air bahkan berenang di pantai (laut).




#HariKe3
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar