Pagar Nyandar Punya Sabia

Sabtu, 26 Januari 2019

POHON BAKAU (HUTAN MANGROVE)

Pulau Batam adalah kepulauan yang dikelilingi laut dan pantainya banyak sekali hutan. Hutan di Batam kebanyakan adalah hutan mangrove. 
Seperti yang beberapa kali kami kunjungi adalah hutan mangrove di Kampong Terih. Sebuah kampung tua dengan pantai dan hutan mangrove yang asri, terletak di Nongsa.

Sambil refreshing, kami juga ngobrol tentang hutan mangrove. Sissy mencocokkan beberapa yang sudah dibacanya dalam buku MENGENAL HUTAN MANGROVE yang ditulis oleh Ellen Tjandra, S.Si dan Yosua Ronaldo, S.Si.



Hutan mangrove merupakan tempat tinggal bagi beraneka hewan dan tumbuhan. Disana kita dapat menemukan pohon-pohon bakau, berbagai jenis udang, siput dan ikan. Bahkan ada lutung dn macaca. 

Hutan mangrove juga merupakan sumber penghidupan bagi masyarakat sekitar pantai. Masyarakat sekitar pantai memperoleh bahan bangunan, bahan perahu, bahan makanan, dan obat-obatan dari hutan mangrove.

Hutan mangrove memberikan perlindungan terhadap hantaman ombak yang mengikis pantai. Pohon-pohon bakau juga melindungi pantai dari abrasi (erosi pantai) dan tsunami.
Oleh sebab itu, mari kita bersama-sama melestarikan ekosistem mangrove.

Sissy di Pantai Terih (hutan mangrove)

#HariKe4
#GameLevel5
#Tantangan10Hari
#KuliahBunSayIIP
#ForThingsToChangeIMustChangeFirst

Tidak ada komentar:

Posting Komentar