Pagar Nyandar: PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP FITRAH SEKSUALITAS
Pagar Nyandar Punya Sabia

Instagram

Friday, August 16, 2019

PENGARUH MEDIA DIGITAL TERHADAP FITRAH SEKSUALITAS

Setiap zaman selalu memiliki tantangan dan kegelisahan yang harus dijawab. Pada zaman dulu kala, kita sibuk membahas dampak televisi terhadap anak-anak. Masa itu kini telah lewat. Kini, kita berada pada zaman yang sama sekali baru. Saat ini kita hampir tidak lagi bicara atau khawatir soal televisi, karena ada banyak hal yang lebih mengkhawatirkan memasuki era digital.

Era digital telah membawa suasana baru yang sangat berbeda dengan era sebelumnya. Perubahan dan pengaruh era digital dirasakan pada semua bidang kehidupan, secara positif maupun negatif.

Baca disini : Pengaruh Media Digital terhadap Fitrah Seksualitas Anak

Sebuah survei yang dilakukan UNICEF bersama para mitra, termasuk Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Universitas Harvard, menemukan, sebanyak 98 persen anak dan remaja mengaku tahu tentang internet, dan 79,5 persen anak dan remaja adalah pengguna internet. Masih ada sekitar 20 pesen responden yang tidak menggunakan internet, alasan utamanya, mereka tidak memiliki perangkat untuk mengakses internet, atau mereka dilarang orang tua untuk mengakses internet.

Tentu ada efek positif dan negatifnya.
Efek positif, membantu anak-anak terhubung dengan keluarga besar, mempelajari hal-hal baru, juga bisa membantu untuk memotivasi anak agar lebih baik.


Efek negatif, luasnya medsos membuat anak tidak terkontrol informasi dan aksesnya. Kemuadian cyber bullying, dan mempengaruhi kesehatan otak anak dan lebih banyak waktu untuk media digital daripada dengan orangtuanya.

Yang sebaiknya dilakukan oleh orang tua adalah, mendampingi anak ketika menggunakan media digital. Jika ada hal-hal negatif, maka orang tua memberikan nasehat kepada anak dengan penjelasan yang membangun nilai moral anak.


#HariKe6
#Tantangan10Hari
#BunSayLevel11
#FitrahSeksualitas
#KuliahBundaSayangIIP


No comments:

Post a Comment