Pagar Nyandar: BERMAIN WAYANG (VALUE)
Pagar Nyandar Punya Sabia

Instagram

Thursday, June 27, 2019

BERMAIN WAYANG (VALUE)

Wayang? 
Sissy tahunya wayang adalah pertunjukan dengan memakai boneka tangan tipis dari kulit, yang dimainkan dengan layar yang menggunakan bayangan.

Tepat sekali. Meskipun hanya melihat di youtube saja, hehe...
Kali ini Sissy belajar dengan komunitas AJS yaitu komunitas Art Jam Sessions, yang membantu anak-anak yang ingin mempelajari tentang seni.

Berhubungan dengan wayang tadi, sebenarnya materi yang di sampaikan adalah tentang VALUE.
Sissy mempelajari tentang gelap dan terang atau nada warna, perpaduan warna lain dengan hitam putih. semakin tinggi value, akan semakin terang warnanya.
Fungsi Value, memberikan efek gambar yang datar ataupun nyata. 

Nah, untuk berkreasi menggunakan bayangan, Sissy diminta untuk membuat gambar-gambar yang nantinya akan dimainkan sebagai wayang. Dan membuat layar sebagai panggungnya.





Layar dibuat sederhana. Terbuat dari kardus bekas minuman yang digabungkan dengan kertas baking. Boneka bisa digambar sendiri. Cara memainkannya dengan mematikan lampu, dan bagian terang hanya di area layar saja.




Sissy bermain wayang dengan cerita seorang gadis kecil yang bermain ditaman bersama hewan peliharaannya. Bermain bersama teman-temannya, yang terpesona melihat Sissy sebagai dalang, haha...


#HariKe8
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunSayIIP
#ThinkCreative
#BeCreative

No comments:

Post a Comment