Pagar Nyandar: ECOBRICK SISSY
Pagar Nyandar Punya Sabia

Instagram

Thursday, June 27, 2019

ECOBRICK SISSY

Sudah beberapa hari Sissy mengumpulkan botol-botol bekas air mineral atau minuman rasa-rasa. Selain itu, sampah kantong kresek yang sudah tidak bisa dipakai alias sobek, serta kemasan snack dan bungkus-bungkus makanan dari plastik juga dikumpulkan.

Hihi... kadang lucu sendiri. Malah seperti pemulung, yang mengumpulkan sampah di rumah dan sekitarnya. Tetapi memang itu wajib untuk sekarang ini.
Kami memulai bersikap bijak dengan pelan-pelan mengurangi sampah.

Memang masih berat banget untuk tidak menghasilkan sampah. Apalagi jika kami terlupa tidak membawa tumbler atau bekal dari rumah jika sedang bepergian. Otomatis kami membeli air minum kemasan, makanan yang sering memakai styrofoam. 

Nah, sampah ini mau dikemanakan?
Sedangkan kami harus bertanggung jawab atas sampah yang sudah kami hasilkan. Mau tidak mau, ya kami bawa pulang. 

Lalu... 
Tidak perlu terlalu lebay lah ya... Sekarang sudah banyak beredar video DIY yang memberikan inspirasi.

Kebetulan Sissy juga mendapat tugas untuk membuat ecobrick. Belum banyak sih yang di bikin oleh Sissy... tapi sudah lumayan mengurangi sampah yang dibuang. 

Membuat ecobrick tidak hanya asal memasukkan sampah dalam botol begitu saja. Namun sampah plastik tersebut harus dicuci dan dikeringkan terlebih dahulu. Jika sudah bersih dan kering, baru bisa di masukkan.

Nah, ketika memasukkan dalam botol juga diperhatikan urutannya. Yang pertama adalah plastik lembut atau kantong kresek, sambil dimasukkan, sambil di sodok dan di tekan dengan kayu atau stik panjang agar padat.
Selanjutnya plastik yang kaku atau kemasan snack, bahkan styrofoam. Memasukkannya dengan cara digunting-gunting dulu menjadi bagian yang kecil-kecil. Lalu di tekan-tekan lagi dengan stik kayu.




Setelah botol penuh, ecobrick  kemudian ditimbang. Untuk kemasan botol ukuran 600 ml rata-rata ecobrick adalah 200 gram.
Jika sudah terkumpul banyak, akan di setorkan ke komunitas, untuk dijadikan bahan kreativitas atau barang yang akan di gunakan kembali misalnya kursi dan lain-lain.


#HariKe6
#Tantangan10Hari
#Level9
#KuliahBunSayIIP
#ThinkCreative
#BeCreative

No comments:

Post a Comment